Powered By Blogger

Minggu, 20 Maret 2011

PSSI Berencana Gelar Pelatihan Pengawas Pertandingan

Makassar — Sukses menggelar pelatihan wasit lisensi C-1, C-2 dan C-3 selama sepekan yang berakhir kemarin, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sulawesi Selatan, kembali berencana mengadakan pelatihan pengawas
pertandingan. “Kami rencanakan bulan depan,” kata anggota Biro Perwasitan PSSI Sulsel, Muhammad Arfah, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (20/3).

Pada pelatihan itu nanti, bukan hanya peserta dari Sulawesi Selatan yang akan ikut tetapi juga peserta dari luar. Sekarang ini saja, kata pengawas pertandingan nasional ini, sudah ada peserta dari Papua yang menyatakan keinginannya untuk bergabung.
Arfah menjelaskan, pengawas pertandingan mengamati pada saat sebelum, selama dan sesudah pertandingan digelar. Posisi duduk pengawas berada di dalam stadion pertandingan. Hal-hal yang bermotif kecurangan di lapangan akan dilaporkan ke pengurus sepak bola tingkat PSSI provinsi, yang selanjutnya akan diteruskan ke PSSI pusat.
Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk ikut pelatihan pengawas pertandingan, yakni telah mengantongi sertifikat wasit lisensi C-1, C-2, dan C-3. Setiap peserta akan kenakan kontribusi untuk biaya akomodasi selama pelatihan berlangsung. “Pastinya akan dikenai biaya. Untuk batas maksimum umurnya sekitar 65 tahun,” ujar Arfah.
Tujuan diadakan pelatihan pengawas pertandingan tersebut, kata Ketua Tanjung Bunga FC, salah satu klub binaan PSM Makassar ini, agar dapat tercipta sumber daya manusia yang lebih mengedepankan dan menerapkan etika serta aturan pengawasan di lapangan.

Tidak ada komentar: